Blogger Template by Blogcrowds

American Football


Sepak bola Amerika (American football) atau dikenal di Amerika Serikat dan Kanada sebagai football adalah olahraga yang dimainkan dua tim yang masing-masing terdiri dari 11 pemain. Permainan menggunakan bola yang disebut football (bola kaki), berbentuhttp://www.blogger.com/img/blank.gifk oval dan berwarna coklat. Kedua ujung lapangan disebut bidang endzone yang merupakan daerah gawang lawan. Untuk mealkukan permainan ini dibutuhkan fisik yang kuat.


Untuk mengetahui rincian dari American football mari kita lihat investigasinya dibawah ini :

1. Lapangan
Peermainan American football menggunakan lapangan berbentuk persegi panjang dengan ukuran 120 yard ( 110 meter )

2. Waktu Pertandingan
Pertandingan dalam American football adalah 4 kali 15 menit, sama seperti halnya basket. Tiap tim diberi waktu istirahat setelah 2 quarter atau yang disebut firsthalf setelah itu pertandingan dilanjutkan ke 2 babak berikutnya.

3. Pergerakan Bola
Tim yang memiliki bola disebut tim penyerang. Tim penyerang diberi satu set kesempatan awal yang terdiri dari 4 kali down untuk membawa bola sejauh 10 yard mendekati bidang end zone (bidang gol) lawan. Bila tim penyerang berhasil membawa bola sejauh 10 yard dalam satu set kesempatan awal, tim penyerang berhak mendapat 1 set kesempatan tambahan (disebut first down) yang juga terdiri dari 4 kali down untuk kembali membawa bola sejauh 10 yard atau mencetak skor. Bila tim penyerang gagal mendapatkan first down setelah melakukan 4 kali down, maka kepemilikan bola berpindah ke tim lawan.

4. Skor
Touchdown (TD) dengan nilai 6 poin. Peristiwa touchdown terjadi bila pemain membawa lari bola atau menangkap lemparan bola di bidang end zone lawan. Setelah terjadi touchdown tim yang melakukan touchdown berhak untuk melakukan bonus game yang berjarak 3 yard dari garis goal line yaitu mendapat tambahan point sebanyak 1 poin jika berhasil menendang bola melewati palang melintang lawan atau mendapat 2 poin jika dapat melakukan touchdown lagi.

Gol lapangan (field goal atau FG) dengan nilai 3 poin. Bola ditendang ke udara agar melewati palang melintang pada gawang lawan dan melayang di antara dua tiang gawang.

Safety dengan nilai 2 poin. Skor ini dicetak tim yang bertahan bila tim penyerang yang sedang memiliki bola dipaksa mundur ke bidang end zone sendiri dan jatuh ditekel, atau terjadi salah satu kondisi berikut: bola terlepas dari pegangan di bidang end zone sendiri, bola yang ditendang berhasil diblok dan jatuh di bidang end zone sendiri, atau melakukan pelanggaran di bidang end zone sendiri.

5. Pemain
Dalam American footbal terdapat 3 tipe pemain yaitu tipe offense, defense, dan kicker. Pada posisi atau tipe offense terdapat berbagai macam pemain yaitu:

•Barisan penyerang yang disebut offensive line (OL) terdiri dari 5 pemain yang bertugas melindungi pelempar bola, dan membuka jalan bagi rekan sesama tim yang berlari sambil membawa bola dengan menghalangi anggota tim bertahan. Selain pemain yang bertugas sebagai center, anggota barisan penyerang biasanya tidak bertugas membawa lari bola.

•Pemain quarterback (QB) adalah seorang pemain yang menerima operan snap ketika play (pergerakan bola) dimulai. Pemain quarterback bisa memilih untuk menyerahkan bola kepada pemain running back (RB), melemparkannya ke pemain lain, atau sendirian membawa lari bola.

•Barisan pemain running back (RB) berjajar di belakang atau di samping pemain quarterback dengan tugas khusus membawa lari bola. Selain itu, pemain RB juga bertugas memblok dan menangkap lemparan bola, dan kadang-kadang menyerahkan bola ke rekan sesama pemain RB. Bila tim memiliki 2 pemain RB, seorang pemain bertindak sebagai halfback (HB), dan seorang lagi bertindak sebagai tailback (TB) yang kemungkinan besar bertugas lari membawa bola sambil dilindungi pemain yang bertugas sebagai fullback (FB).

•Pemain wide receiver (WR) yang berdiri di sisi kiri-kanan garis dan bertugas menangkap lemparan ke depan.

•Barisan pemain tight end (TE) yang berjajar di luar barisan penyerang, dan bisa menangkap lemparan ke depan (seperti pemain wide receiver) atau melindungi pemain quarterback sekaligus membuka ruang bagi pemain yang lari membawa bola.

Sedangkan untuk posisi defense terdapat berabagai macam pemain yaitu :

•Barisan pertahanan (defensive line) terdiri dari 3 sampai 6 pemain yang berjajar berhadapan dengan barisan penyerang lawan. Pemain dari barisan pertahanan berusaha menekel pemain running back yang membawa bola agar bola tidak berhasil dibawa lebih jauh, atau menekel pemain quarterback agar tidak bisa melempar atau mengoper bola.

•Dalam sebagian besar situasi permainan, tim bertahan setidak-tidaknya menugaskan 3 pemain sebagai pemain bek bertahan (disebut defensive back) atau sering juga disebut safeties (cornerback). Tugasnya menghalang-halangi pemain lawan yang menerima lemparan bola, dan berusaha agar lemparan tidak berhasil ditangkap atau menjadikan lemparan dinyatakan tidak komplit oleh wasit. Pemain bek bertahan sering juga bertugas menerjang pemain quarterback.

•Pemain linebacker menempati posisi antara defensive line (barisan pertahanan) dan pemain bek bertahan, tugasnya menerjang pemain quarterback atau menghalang-halangi pemain lawan yang mungkin akan diberi lemparan.
Terakhir untuk kicker termasuk unit khusus dalam American football yaitu bertugas untuk melakukan kick off, onside kick, field goal atau bonus game setelah touch down

Di Indonesia permainan American footbaal sangat jarang sekali ditemukan selain bukan merupakan tradisi masyarakat Indonesia bermain American football juga agak sdikit rumit karena diperlukan berbagai macam perlengkapan pelindung yang digunakan. Selain itu biaya yang dikeluarkan juga tidak sedikit kira-kira untuk satu set perlengkapan American football daptat berharga 5jt - 7jt.

Namun, di Indonesia dikenal juga permainan yang mirip dengan American football yaitu Flag football. Bedanya Flag football tidak menggunakan pelindung. Namun, inti dari keduanya sama yaitu olahraga adu fisik tingkat tinggi. Kalau kalian tertarik dan ingin lebih banyak mengetahui tentang American football kalian juga bisa baca komik eyeshild 21 yang ceritanya mengenai permainan American football.

Selamat mencoba American football.

0 Comments:

Post a Comment



Posting Lama Beranda